Percetakan Besar di Jakarta Selatan

Percetakan Besar di Jakarta Selatan

Saat ini bisa dengan mudah menemukan jasa cetak di setiap wilayah. Itu merupakan pekerjaan yang menghasilkan tulisan atau gambar melalui media beragam. Apa saja kira-kira tahapan dalam percetakan besar di Jakarta Selatan?

Tahapan Dalam Percetakan Besar

Proses pencetakan tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Harus mereka yang sudah berpengalaman untuk mampu melakukan proses cetak. Dalam menjalankan kegiatan mencetak, terdapat sejumlah tahapan-tahapan, seperti berikut ini.

1.      Typesetting

Tahap pertama dalam proses pencetakan adalah typesetting. Ini merupakan proses penyesuaian warna dan corak pada gambar dan tulisan. Dalam kegiatan tersebut, pencetak akan bekerja dengan bantuan komputer. Sehingga, menjadi lebih cepat dan presisi.

Penyesuaian sebelum mencetak menjadi kegiatan penting agar hasilnya sesuai dengan desain serta tidak terjadi kesalahan, seperti teks dan gambar yang miring atau tidak pas berdasarkan tempatnya. Proses ini juga sering disebut dengan digital printing.

2.      Image Assembly

Selanjutnya adalah proses bernama image assembly. Setelah tulisan atau huruf-huruf siap untuk cetak, maka berikutnya adalah kegiatan mengkombinasikan dengan gambar atau ilustrasi. Setelah itu, meletakkannya pada posisi dalam halaman.

Dalam satu plat percetakan biasanya terdapat beberapa gambar dari posisi halaman berbeda. Kemudian plat tersebut harus menjadi satu kumpulan yang mana sesuai dengan urutan halaman.Langkah ini juga sering disebut sebagai imposition stripping.

3.      Platemaking

Tahap berikutnya yaitu pembuatan plat. Saat semua lembaran salinan type set dan artwork sudah siap, maka selanjutnya pencetak akan memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk mengecek atau mengoreksi hasil cetakan.

Setelah flats benar dan sesuai, kemudian pencetak membuat plat dari bahan keras, seperti logam atau karet. Selanjutnya, ada proses transfer gambar ke dalam plat dengan cara menekan supaya tinta bisa keluar. Hal tersebut juga berlaku pada cetak buku online yang mana pemesan tinggal mengirimkan file.

4.      Printing Presses

Proses pencetakan biasanya menggunakan mesin pencetak. Plat yang telah siap tadi, lalu diletakkan pada mesin untuk cetak ke dalam material kertas dan lainnya. Melalui ini, tahapan pada percetakan besar di Jakarta Selatan terjadi secara otomatis sehingga lebih cepat.

Terdapat tiga kategori dalam kegiatan presses, yaitu platen (permukaan rata), silinder dan rotary (memutar). Selain itu, saat terjadi proses presses, dapat pula melakukan percetakan multi warna dengan membutuhkan plat dan tinta berbeda-beda

5.      Penjilidan

Tahapan akhir dalam proses cetak adalah penjilidan. Beberapa lembaran hasil bisa langsung kirim, seperti poster. Kebanyakan permintaan cetak dalam jumlah besar yang mana terdiri dari halaman bergambar terpisah-pisah. Saat menjilid terdapat beberapa tahap lainnya, seperti finishing dan stapling.

Sebenarnya ada banyak metode dalam melakukan penjilidan ini. Namun, yang paling umum terdapat tiga jenis, yaitu letterpress, litografi, dan gravure. Pencetak bisa menyesuaikan berdasarkan kebutuhan dan macam materialnya.

Demikian informasi mengenai tahapan percetakan besar di Jakarta Selatan, pastikan Anda memahaminya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *