Proses Pembuatan Gula Merah Dari Nira Kelapa

Assalamulaiakum…Hai di artikel ini mimin bakal kasih tau kalian tentang proses pembuatan gula merah dari nira kelapa.Simak sampai akhir artikel ya…

proses pembuatan gula merah dari nira kelapa

Gula merah memang gula yang banyak manfaatnya ,apalagi gula merah juga termasuk gula yang baik bagi tubuh.Bentuknya yang padat dan juga harganya yang ekonomis membuat gula merah banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.

Ternyata membuat gula merah itu gak sulit lo para reader,dan di artikel ini mimin bakal kasih tau kalian proses pembuatan gula merah dari nira kelapa.Buat kalian yang mau coba buat gula merah ,memang bener nih menyimak di artikel ini.

Mimin bakal kasih tau kalian proses membuatnya dengan cara yang mudah dan anti ribet.Apalagi bahan-bahannya yang mudah ditemukan membuat gula ini semakin mudah untuk dibuat .Berikut ini proses membuat gula merah dari nira kelapa..

Baca Juga:cara memasak rendang daging dengan presto

Proses Membuat Gula Merah Dari Nira Kelapa

Alat – Alat :

  • wajan besi atau aluminium
  • ember atau baskom
  • kain saving
  • serok
  • cetakan
  • tungku atau kompor

Bahan – Bahan :

  • Nira kelapa segar
  • irisan batang nangka atau irisan buah pepaya muda
  • kapur sirih atau larutan Na – bisulfit

Cara Membuat Gula Merah Dari Nira Kelapa:

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyaring nira kelapanya terlebih dahulu agar bersih dari ampas, kemudian masukkan nira ke yang sudah di saring ke dalam wajan atau panci yang besar.
  2. Panaskan nira menggunakan api besar yang sangat panas, usahakan api yang digunakan memiliki panas yang konstan, kalian bisa menggunakan bahan bakar dari kayu atau seresah atau bisa juga menggunakan bahan bakar lainnya. Untuk lama pemasakan nira tergantung dari banyaknya nira yang akan kalian buat.
  3. Sebelum cairan gulanya matang, masukkan satu butir kelapa parut dengan campuran 100 cc air ke dalamnya sedikit tips usahakan 15 menit sebelum api dari cairan gulanya dimatikan.
  4. Nah setelah parutan kelapanya di masukkan, aduklah  secara cepat dengan arah memutar dan tunggulah hingga matang. Nah jika dirasa niranya sudah matang, mengental dan berwarna agak kemerahan, matikan api dan cetaklah menggunakan cetakan yang sudah disiapkan.
  5. Tunggu hingga cairan menjadi padat, dan simpanlah dengan keadan yang baik. Proses membuat gula merah dari nira kelapa pun sudah selesai.

Manfaat Gula Merah Dari Nira Kelapa

1. Baik untuk Pencernaan

Mungkin tak banyak yang tahu, bahwa warna cokelat  pada gula merah ini mengandung  serat yang baik bagi kesehatan. Serat ini memiliki kemampuan untuk  mempromosikan pertumbuhan bifidobakteri dalam usus yang mencegah penyakit pencernaan.

2. Menjaga Keseimbangan Elektrolit dalam Tubuh

Tubuh kita tentunya membutuhkan elektrolit untuk menjaga sel-sel dalam tubuh agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Ketika tubuh banyak berkeringat atau banyak mengeluarkan urine, keseimbangan elektrolit dalam tubuh pun akan terganggu.

Gula merah dari nira kelapa mengandung potasiu,magnesium dan sodium, manfaat gula merah dapat diandalkan untuk mengembalikan kadar elektrolit yang hilang dari dalam tubuh. Dengan menjaga keseimbangan elektrolit berarti kita sudah menjaga tubuh kita agar selalu berada dalam kondisi yang sehat.

3. Mencegah Anemia

Manfaat gula merah berikut ini dikemas berkat kandungan  zat besi didalamnya. Seperti yang kita ketahui, kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya anemia.Untuk kalian yang menderita anemia kalian bisa mengkonsumsi gula merah.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Mungkin  kalian banyak yang belum tau manfaat gula merah yang satu ini. Namun, faktanya ternyata gula merah mengandung asam amino non esensial seperti glutamin yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan fungsi otak.

Meskipun glutamin dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, namun pada kenyataannya kadangkala tubuh masih membutuhkan asupan  glutamin dari luar tubuh. Untuk itu, cobalah  kalian untuk memenuhi asupan glutamin dengan mengonsumsi gula merah  beserta sumber-sumber makanan yang kaya akan asam amino esensial .

5. Membantu Mengatasi Asma

Bagi kalian yang menderita penyakit asma , nampaknya manfaat gula merah ini dapat dibuktikan dengan mengonsumsinya secara teratur sebagai terapi alami.Gula merah ternyata memiliki sifat anti alergi yang bisa dijadikan obat alami untuk asma.

Udah sampai akhir artikel aja nih…semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu para raeder..Selamat mencoba .Assalamualaikum dan sampai jumpa di artikel selanjutnya para reader.