Resep Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak yang Sedap Asli Indonesia

Ayam bakar memang sudah terkenal di Indonesia. Hidangan ini sering disajikan di pinggir jalan dengan sepiring nasi putih dan lalapan. Resep bumbu ayam bakar bumbu rujak sangat mudah dibuat.

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak


Aneka masakan ayam bakar, dari ayam bakar sederhana hingga ayam bakar rasa madu, tak membuat kita bosan menyantap ayam bakar. Dan pada pembahasan kali ini saya akan memberikan cara membuat ayam goreng dengan bumbu rujak. Disebut ayam goreng dengan bumbu rujak karena bumbu yang ada seperti pada sambal rujak.

Tak kalah enak dengan variasi ayam bakar lainnya yang umumnya rasa pedas dan manis mendominasi pada kepedasannya. Saya akan menjelaskan lebih jelas dari awal apa yang diperkenalkan di wilayah Jawa dan populer di seluruh negeri.

Bahan dasarnya masih ayam muda, yang digunakan bumbu dasar merah kemudian dibakar. Arti dari bumbu dasar merah sendiri adalah bumbu yang terbuat dari garam, bawang putih, bawang merah dan cabai merah

Sebagai makanan pokok, ayam goreng, bumbu rujak juga menjadi sajian yang kaya nutrisi karena tinggi protein dan lemak dari ayam dan santan.
Seperti biasa, mengedepankan alat-alat canggih, bagi Anda yang menyukai makanan yang dipanggang.

Anda bisa menggunakan pemanggang sosis ini agar Anda lebih mudah memanggang dan tidak perlu khawatir akan gosong. Bisa juga digunakan pada resep di bawah ini, lho.

Resep Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak :

Bahan – Bahan :

  • 1 ekor ayam potong atau ayam utuh sesuai selera
  • 2 sendok makan air asam Jawa
  • 3 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 batang sereh yang sudah digeprek
  • 1 keping gula merah
  • 500 ml santan dengan kekentalan sedang
  • Garam, kaldu bubuk secukupnya

Bumbu Halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 1 jempol jahe
  • 8 buah cabai keriting sesusai selera
  • 10 buah cabai rawit merah sesuai selera

Cara Membuat Resep Bumbu Ayam Bakar Bumbu Rujak :

  1. Pertama-tama cuci bersih ayam kemudian tusuk-tusuk badan ayam menggunakan garpu, lalu berikan air jeruk nipis, lumuri dengan garam, diamkan kurang lebih selama 10 menit.
  2. Setelah itu, tumis bumbu halus hingga aromanya harum, masukkan daun sereh, daun salam sampai matangnya merata
  3. Tuang santan, berikan garam, kaldu bubuk, dan air asam Jawa, aduk-aduk sampai mendidih. Koreksi rasa, lalu masukkan ayam, ungkep hingga ayam empuk dan surut. jangan terlalu sering dibolak-balik.
  4. Jika ayam sudah terasa empuk dan airnya surut, panggang ayam di atas teflon sambil olesi dengan sisa bumbu tadi. Bolak-balik sampai ayam matang, atau bisa dimasukkan dalam oven selama 45 menit dalam suhu 200 derajat Celcius.

Tips Bakar Ayam Agar Empuk

  1. Potong ayam dengan benar
    Memanggang ayam utuh membutuhkan waktu lebih lama. Jadi lebih baik potong ayam utuh menjadi bentuk kupu-kupu.
    Caranya adalah dengan memotong tulang punggung ayam. Ini akan meratakan ayam dan mempercepat waktu pemanggangan.
  2. Oleskan bumbu yang berbeda
    Mengoleskan bumbu pada ayam sebelum dipanggang akan memberikan rasa yang kuat. Sebaiknya campurkan bumbu ayam dengan minyak. Minyak akan menjaga ayam tetap berair dan mencegah ayam menempel di panggangan.
  3. Mengasinkan
    Setelah mengoleskan bumbu, diamkan ayam setidaknya selama 30 menit. Ini tidak hanya akan membantu merendam bumbu dengan benar, tetapi juga akan menjaga kelembapan ayam saat dipanggang. Jadi ayamnya tidak kering, bun.
  4. Siapkan panggangan dengan benar
    Oleskan sedikit minyak sebelum memanggang ayam. Ayam tidak menempel di panggangan.
    Kebersihan panggangan juga harus dijaga. Panggangan perlu dibersihkan dengan benar agar ayam dapat dipanggang dengan lebih efisien.
  5. Panggang dengan api sedang
    Karena ayam harus benar-benar matang, tumis dengan api sedang. Jika Anda memanggang dengan api besar, ayam akan gosong dan tidak matang secara merata.

itulah tadi resep bumbu ayam bakar bumbu rujak beserta tipsnya saya harap bisa menjadi referensi untuk memasak ayam bakar dirumah. jika kalian ingin mengetahui lebih dalam tentang resep tadi kunjungilah Link Disini .

Dan apabila kalian ingin membuat sambal goreng sebagai pelengkap masakan kunjungi juga resep sambal ayam goreng.

Happy Cooking !!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *