Resep Bumbu Kacang Sate Sapi

Pada kali ini saya akan membagikan resep bumbu kacang sate sapi. Yuk simak artikelny.

Definisi Sate Sapi

Sate atau satai adalah makanan yang terbuat dari daging yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dipanggang menggunakan bara arang kayu.

Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu yang bergantung pada variasi resep sate. Daging yang dijadikan sate antara lain daging ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain. Sate diketahui berasal dari Jawa, Indonesia, dan dapat ditemukan di mana saja di Indonesia dan telah dianggap sebagai salah satu masakan nasional Indonesia.

Sate juga populer di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand. Sate juga populer di Belanda karena dipengaruhi masakan Indonesia yang dulu merupakan koloninya.

Biasanya sate diberi saus, bisa berupa bumbu kecap, bumbu kacang, atau yang lainnya, biasanya disertai acar dari irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate dimakan dengan nasi hangat atau bisa juga disajikan dengan lontong atau ketupat.

Resep Bumbu Kacang Sate Sapi

resep bumbu kacang sate sapi

Bahan-Bahan :

  • 500 g daging has dalam sapi
  • 4 sdm minyak sayur
  • tusuk sate

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 1/4 sdt jinten
  • 1 sdm gula aren
  • 1 sdt garam

Bumbu Kacang :

  • 100 g kacang tanah goreng, giling halus
  • 250 ml air

Bumbu Halus :

  • 2 buah cabe merah besar
  • 1 siung bawang putih
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam

Pelengkap :

  • kecap manis
  • sambal rawit
  • lontong

Cara Membuat Sate Sapi :

  1. Potong-potong daging ukuran 3x2x1/2 cm.
  2. Giling Bumbu hingga halus benar.
  3. Aduk bumbu halus dengan minyak hingga rata.
  4. Aduk irisan daging dengan Bumbu halus hingga rata. Diamkan selama 30 menit.
  5. Tusuki tiap 3-4 potong daging dengan tusuk sate. Jika ada selingi dengan potongan lemak.
  6. Panggang di atas bara api arang sambil balik-balik hingga matang dan agak kering. Angkat.
  7. Sajikan dengan Bumbu Kacang dan Pelengkapnya.

Bumbu Kacang :

  • Masak kacang halus dengan air dan bumbu halus dengan api keci.
  • Aduk-aduk hingga menjadi kental dan berminyak.
Baca Juga : Cara Membuat Sate Sapi Empuk

Manfaat Daging Sapi Untuk Kesehatan

manfaat daging sapi untuk kesehatan

1. Menjaga Massa Otot

Salah satu khasiat daging sapi yang sayang dilewatkan yaitu membantu menjaga massa otot. Bagaimana tidak, daging sapi merupakan sumber protein yang mengandung semua asam amino esensial.

Asam amino esensial dibutuhkan oleh semua orang, terutama lansia, untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, protein pada daging sapi membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, serta meningkatkan aktivitas otot.

Tidak heran bila Anda yang ingin meningkatkan massa otot perlu menambah jumlah asupan protein. Bila tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang tepat, upaya untuk mendapatkan tubuh berotot tentu akan memakan waktu yang lama.

 2. Meningkatkan Perfoma Tubuh

Selain menjaga massa otot, manfaat daging sapi lainnya yang mungkin sangat berpengaruh terhadap atlet yakni meningkatkan performa latihan.

Begini, ikan dan daging, termasuk daging sapi, mengandung beta-alanine yang menghasilkan carnosine di tubuh. Carnosine merupakan senyawa penting yang diperlukan untuk menjalankan fungsi otot.

Konsumsi daging sapi dapat meningkatkan kadar carnosine pada otot. Kadar carnosine yang tinggi dapat menurunkan rasa lelah dan meningkatkan performa latihan, terutama saat lari.

 3. Mencegah Anemia

Berkat kandungan zat besi di dalamnya, konsumsi daging sapi diklaim dapat membantu mencegah anemia. Anemia dapat disebabkan oleh kekurangan zat besi yang biasanya ditandai dengan kelelahan dan kelemahan.

Dengan mengonsumsi daging sapi, tubuh mendapatkan zat besi yang cukup, terutama dalam bentuk heme. Heme merupakan bentuk zat besi yang hanya dijumpai pada protein hewani.

Tubuh manusia menyerap zat besi heme lebih efektif dibandingkan zat besi non-heme, yaitu yang berasal dari tumbuhan. Artinya, konsumsi daging sapi bermanfaat membantu memenuhi kebutuhan zat besi yang bisa mencegah anemia.

4. Memelihara Sistem Kekebalan Tubuh

Tahukah Anda bahwa daging sapi termasuk sumber zinc (seng) yang cukup tinggi dan bisa membantu meningkatkan kekebalan? Manfaat daging sapi ini didapat dari sifat antioksidan seng yang bertanggung jawab menghasilkan antibodi.

Antibodi yang dihasilkan ini membantu melawan radikal bebas yang bisa menimbulkan penyakit kronis. Selain itu, protein dalam daging sapi membantu menghasilkan antibodi tersebut agar tubuh terlindungi dari infeksi.

Oleh sebab itu, anak-anak hingga orang dewasa memerlukan jumlah zinc dan protein yang cukup. Kebutuhan zinc ini bisa diperoleh dengan makan daging sapi secukupnya.

 5. Mempercantik Kulit dan Rambut

Daging, termasuk daging sapi, mungkin mengandung tokoferol dan vitamin E yang cukup tinggi. Keduanya dikenal dapat melawan kolagen sehingga bisa meningkatkan penuaan kulit.

Meski begitu, beberapa bagian daging tertentu, seperti hati, kaya akan ubiquinol. Ubiquinol merupakan senyawa antioksidan kuat yang dijumpai di lapisan kulit terluar (epidermis). Antioksidan ini bisa membantu melawan kerusakan oksidatif pada kulit.

Selain itu, konsumsi daging sapi dianggap baik untuk menjaga kesehatan rambut karena kaya akan zat besi. Pasalnya, kekurangan zat besi menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Nah itu dia resep bumbu kacang sate sapi. Selamat mencoba.