resep lepet jagung tradisional

Resep Lepet Jagung Tradisional Legit Manis Bikin Nagih

Lepet jagung merupakan camilan tradisional asli Indonesia yang sering kali dijumpai di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Resep lepet jagung tradisional sekilas mirip dengan cara membuat lemet, tetapi bahan dasarnya berbeda. Lemet terbuat dari bahan utama parutan singkong, sedangkan lepet jagung terbuat dari parutan jagung manis. Beberapa produk alat mesin umkm

Camilan tradisional sangat cocok dinikmati pada sore hari sebagai teman minum teh atau ngopi. Bisa juga dijadikan sebagai bisnis menu untuk jualan.

Resep Lepet Jagung Tradisional

Bahan-bahan :

  • 3 bonggol jagung manis
  • 200 g kelapa muda parut
  • 7 sdm gula pasir (sesuai selera)
  • 1 sdt garam
  • 1/4 sdt vanilla bubuk
  • 3 sdm tepung maizena
  • 2 sdm tepung protein sedang

Cara Membuat :

1. Sisir jagung, tekan-tekan menggunakan ulekan supaya airnya keluar.
2. Tambahkan kelapa, gula, garam, vanilla, maizena dan tepung terigu. Remas-remas dengan tangan sampai tercampur rata.
3. Ambiahl satu lembar kulit jagung yang telah dibersihkan, tuang 2-3 sdt adonan lepet. Gulung sambil sedikit padatkan.
4. Masukkan lepet ke dalam kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya pakai api sedang. Kukus kurang lebih 15-20 menit.
5. Lepet siap disajikan dengan teh ataupun kopi.

Jenis-Jenis Jagung

1. Jagung berondong

Memiliki karakteristik kulit luar yang keras, juga mempunyai sejumlah kecil pati lunak yang terbungkus. Biji jagung bisa meletus jika dipanaskan sebab mengembangnya uap air dalam biji. Volume pembesaranya bervariasi (tergantung pada varietasnya), dapat memperoleh 15—30 kali dari besar semula. Varietas ini ditujukan untuk dikonsumsi manusia, tetapi tingkat panennya lebih sedikit daripada jagung jenis lainnya.

2. Jagung manis

Rasanya itu segar dan manis ketika dimakan ini ternyata adalah jagung yang dipanen saat kondisi tidak benar-benar matang, karena konversi gula menjadi pati belum sempat terjadi.

3.Jagung ketan (waxy corn)

Jagung jenis ini lebih banyak digunakan untuk pakan ternak atau untuk pengental makanan. Selagi itu jagung biasa mengandung ± 70 persen amylopectine dan 30 persen amylose.

4.Jagung mutiara (flint corn)

Jenis jagung yang sangat banyak ditanam oleh petani di Jawa ini mempunyai bentuk bulat, licin, mengkilap, dan keras sebab bagian pati yang keras berada di bagian atas dari biji.

Kandungan Gizi

Jagung adalah tanaman yang mengandung banyak kandungan nutrisi baik. Pada biji Jagung yang utuh mengandung serat, vitamin, mineral dan antioksidan sehingga banyak yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Biji jagung banyak akan karbohidrat. Sebagian besar berada pada endosperma. Kandungan karbohidrat bisa mencapai 80% dari seluruh bahan kering biji.

Bentuk pati yang akan kaya karbohidrat pada umumnya berupa campuran amilosa dan amilopektin. Pada jagung ketan,patinya sebagian besar atau seluruh  adalah amilopektin. Perbedaan ini tidak banyak berakibat pada kandungan gizi, namun lebih berarti dalam pengolahan sebagai bahan pangan. Amilopektin terkandung lebih sedikit pada jagung manis namun mengalami peningkatan fitoglikogen dan sukrosa.

Setelah kita mengulas semua tentang pegertian jagung, manfaat jagung, ciri-ciri tumbuhan jagung, jenis-jenis jagung,dan cara bercocok tanam kita akan membahas lagi tentang bagaimana sih cara mengolah lepet jagung/apa aja resep lepet jagung jagung pasti kalian pengen tau, maka dari itu kita akan membahasnya. O iya untuk membuat lepet j jagung kita harus bisa memisahkan antara biji dengan batangnya, cara agar bisa terpisah kita bisa menggunakan mesin perontok jagung .

Manfaat Jagung

  • Bagus untuk mata karena mengandung vitamin A
  • Berguna sekali bagi orang yang sedang diet dengan cara menurunkan berat badan
  • Baik juga bagi penderita diabetes
  • Menjaga jantung tetap sehat
  • Menambah energi untuk tubuh
  • menjadi sumber serat dan mengurangi sembelit
  • Bisa membantu menyehatkan pencernaan

Nah, penjelasan diatas adalah tentang manfaat jagung,sebenarnya manfaat jagung tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat jagung untuk manusia.

Itulah artikel resep lepet jagung tradisional yang dapat saya sampaikan, semoga kita yang mau membaca dan mengamalkannya bisa mendapatkan manfaat, dan semoga kita selalu diberi kesehatan. Terima kasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *