cara membuat roti canai

Resep Roti Canai Mudah dan Simpel

Haii apakabar? harapannya selalu sehat semua ! Pada artikel kali ini akan membahas tentang “Resep Roti Canai Mudah dan Simpel”. Membuat roti canai ini sangat mudah dong pastinya. Mau tau caranya? yuk simak pembahasan artikel dibawah ini!

resep roti canai mudah dan simpel

Resep Roti Canai Mudah dan Simpel

Roti maryam ini bisa disimpan di freezer untuk kuah jajanan karena relatif mudah disiapkan dan bahannya cukup murah, tentunya juga sangat cocok untuk ide bisnis rumahan.

Bahan-bahan untuk roti Maryam

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 120 ml susu cair 1 kuning telur
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh garam
  • 3 sendok makan margarin cair
  • Margarin cair secukupnya untuk olesan

Topping Roti Maryam
Untuk toppingnya terserah kamu, tapi aku punya rekomendasi topping yang cocok buat roti maryam:

  • selai coklat
  • Bulan coklat
  • Susu kental manis
  • bubuk milo
  • keju parut

Baca Juga : Cara Membuat Roti Canai Simpel dan EkonomisĀ 

Langkah – Langkah

  1. Pertama-tama. Siapkan wadah, masukkan tepung terigu, garam dan gula pasir, aduk sebentar hingga tercampur rata, lalu masukkan kuning telur dan aduk sebentar hingga tercampur rata. Terus masukkan susu cair masuk bertahap. Tidak sekaligus. Saya pakai susu UHT, kalau tidak ada airnya tidak apa-apa atau malah air ditambah susu kental manis tidak apa-apa tergantung stok yang kita punya, jadi kita aduk terus sampai semuanya tercampur, lalu tambahkan margarin cair dan aduk kembali hingga rata. ulangi sampai adonan menempel di tangan.
  2. Kami kemudian membagi adonan ini menjadi empat hingga enam bagian, membentuk gulungan seperti semua bola dan menyiapkan minyak, kami mengolesi semua lingkaran ini dengan minyak dan kemudian diamkan selama satu atau dua jam. Setelah 1 atau 2 jam adonan siap digulung, bisa menggunakan roller adonan, bisa menggunakan tangan atau menggunakan gelas, yang terpenting adonan tipis.
  3. Lalu kita olesi atau kita olesi dengan margarin cair diatasnya, ratakan di permukaan sampai merata, jangan lupa ditaburi tepung. Kemudian gulung rapat memanjang (menjadi seperti sosis) lalu gulung lagi bentuk seperti obat nyamuk bakar, setelah kita ratakan semua dengan tangan, jangan pakai gilingan adonan nanti, agar adonan keras dan Do jangan terlalu tipis, secukupnya saja. Lakukan hal yang sama untuk semua adonan.
    Lalu kita masak adonan di atas teflon panas, dengan api kecil, dan memasaknya tidak terlalu lama.
    Jika sudah matang, angkat dan sajikan di piring favorit Anda. Selesai, Roti Maryam siap disajikan. Untuk topping sesuai selera, bisa menggunakan pisau coklat atau keju parut.

Asal Usul Roti Canai

Pernahkah Anda mencicipi makanan bernama Roti Canai atau dikenal juga dengan Roti Maryam? Makanan ini tak hanya terkenal di Indonesia, tapi juga menjadi favorit di negara tetangga, lho!

Apa itu Roti Canai dan dari mana asalnya?

Roti canai atau yang juga dikenal dengan roti maryam merupakan makanan berbentuk bulat dan memiliki tekstur yang tipis. Roti canai juga menjadi makanan di banyak negara lain, termasuk negara tetangga kita. Di negara lain, roti canai dikenal dengan berbagai nama.

Konon, roti canai berasal dari India, tepatnya Chennai, yang kemudian menjadi asal mula namanya. Seperti halnya negara lain, roti canai memiliki banyak nama yang berbeda. Salah satunya adalah roti prata yang dikenal dari Singapura dan Malaysia, atau dikenal juga sebagai roti terbang oleh orang Eropa, geng!
o prata mengalami sedikit perubahan saat memasuki Singapura. Di Lionland ini, roti prata biasanya disantap dengan campuran pisang, keju, susu, gula, dan sebagainya.

Bagaimana kisah Roti Canai sampai ke Indonesia?

Roti ini masuk ke Indonesia karena dibawa oleh masyarakat Arab. Sesampainya di Indonesia, roti canai kemudian dikenal dengan nama roti maryam. Roti Maryam bisa dimasak dengan bahan-bahan manis seperti gula, madu, dll, tetapi bisa juga dicampur dengan potongan kecil daging lalu direbus dengan gulai kambing.

Roti ini memiliki rasa yang gurih dan masih menjadi menu sarapan bagi teman-teman dari India, Arab dan beberapa negara tetangga. Di Indonesia sendiri, makanan lezat ini banyak dijual di restoran Timur Tengah dan warung makan Ethea.

Manfaat Roti Canai

Roti canai ini memiliki nilai gizi yang baik

  • kalori 2424 kkal
  • lemak 5,9 gram
  • Protein 5,7 g
  • Karbohidrat 40,7 g
  • Natrium 267 mg

1. Melancarkan saluran pencernaan

Meski terbuat dari tepung terigu, roti canai memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi pada roti ini dapat melancarkan sistem pencernaan di dalam tubuh. Meski bisa melunakkan saluran pencernaan, roti ini cukup bermasalah bagi penderita saluran pencernaan.

2. Memperlambat rasa lapar

Kandungan serat yang sangat tinggi dalam roti ini tidak hanya membantu melancarkan sistem pencernaan tetapi juga memperlambat rasa lapar selama beberapa jam karena roti ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk membuat perut membesar.

3. Bantu usus besar

Manfaat kesehatan lain dari roti canai adalah mencekik usus besar. Usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berfungsi sebagai tempat pemberhentian terakhir makanan sebelum sisa makanan dikeluarkan dari tubuh. Kandungan karbohidrat yang tinggi dan kompleks dalam roti maryam membantu mengeluarkan sisa makanan di usus besar.

4. Vetarma

Meskipun sandwich tinggi karbohidrat, sandwich tidak membuat perut Anda gemuk. Hal ini dikarenakan kandungan lemak pada roti laut lebih sedikit dibandingkan dengan nasi, sehingga roti ini cocok sebagai makanan diet.

5. Periksa gula darah Anda

Tidak seperti makanan berkarbohidrat pada umumnya, yang dapat mempengaruhi kadar gula darah. Ternyata roti canai sama sekali tidak menaikkan gula darah, malah sebenarnya roti ini bisa mengontrol gula darah.

Pada artikel diatas kita bisa tau bahwa roti canai bisa menjadi usaha rumahan yang cocok banget dengan kondisi rumahan pastinya. Dengan banyaknya manfaat yang ada kita tau bahwaroti canai memang sebuah peluang. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *