Resep Unti Kelapa

Resep Unti Kelapa Yang Bisa Jadi Camilan

Pagi hari pasti banyak orang yang berjualan jajanan pasar, misalnya untik kelapa. Selain rasanya yang manis unti kelapa memang nikmat jika di nikmati dengan teh dipagi hari. Yuk buat sendiri dengan resep unti kelapa dibawah ini! 

Unti Kelapa

Unti kelapa sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi juga tidak mudah. Jika Anda salah, hasilnya bisa membosankan dan tidak nyaman. Meskipun untaian gula kelapa (isian untuk berbagai jajanan) enak, namun harus memiliki aroma dan rasa yang dapat menggugah selera kita.

Ada berbagai faktor yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa gula kelapa (isian berbagai jajanan), mulai dari jenis bahan, pemilihan bahan segar, hingga pengolahan dan penyajian. Tidak ada alasan untuk khawatir.

Selain untuk membuat aneka jajanan,bagian pohon kelapa juga memiliki manfaat lain untuk bahan masakan, pembuatan sapu, cocomesh jaring sabut kelapa, dan masih banyak lagi.

Jika ingin membuat unti kelapa kelapa yang enak (diisi dengan berbagai jajanan) di mana-mana karena sudah tahu triknya, sajian ini bisa menjadi sajian yang istimewa.

Unti digunakan untuk mengolah kelapa kering, yang direbus dengan gula merah cair atau gula putih kemudian dicampur dengan daunnya.

Ada berbagai faktor yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa gula kelapa (isian berbagai jajanan), mulai dari pemilihan bahan, pemilihan bahan segar, hingga pengolahan dan penyajian.

Tidak perlu khawatir. Jika ingin menyiapkan seikat kelapa yang enak dengan gula merah di mana-mana, karena kita sudah tahu triknya, sajian ini bisa menjadi suguhan yang istimewa.

Jajanan Pasar Dengan Campuran Unti Kelapa

1. Mendut

Jajanan pasar satu ini juga dikenal dengan kue daun pisang. Mendut dapat Anda temui di pasar tradisional atau pasar modern. Kue tradisional Jawa ini termasuk jajanan pasar yang jarang ditemui.

Kue mendut merupakan makanan ringan yang terbuat dari tepung ketan yang diisi dengan untaian kelapa, kemudian disiram dengan santan kental dan dibungkus dengan daun pisang. Tekstur kue mendut ini kenyal mirip dengan Klepon yang sama-sama terbuat dari tepung ketan.

Sedikit berbeda dengan Klepon, jika Klepon hanya berisi gula merah dan kelapa kering di bagian luar, Kue Mendut memiliki isian kelapa dan gula di bagian dalam. Santan Areh yang sedap menambah keunikan rasa kue Mendut.

 2. Kue Boyo Kubang

Selain mendut, Kue Kubang Boyo merupakan jajanan pasar tradisional yang terbuat dari tepung ketan yang kemudian diisi dengan untaian kelapa. Namun perbedaannya terletak pada bentuk dan jenis penyajiannya.

Saat membuat kue boyo kubang, buat adonan berbentuk bulat lalu cubit bagian atasnya agar terlihat seperti buaya. Sebelum dikukus tambahkan kuah santan yang akan diartikan sebagai genangan bagi buaya.

3. Dadar Gulung

Roti dadar merupakan salah satu jenis kue yang termasuk dalam kategori jajanan pasar. Telur dadar gulung merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Isi dadar gulung adalah parutan kelapa yang diaduk dengan gula merah cair kemudian digulung dengan kulit yang terbuat dari adonan tepung halus.

Warna hijau dari dadar gulung ini berasal dari pewarna alami yaitu dari daun pandan. Telur dadar gulung biasa ditemukan di pasar tradisional. Harganya lumayan terjangkau. Biasanya harga omelet gulung di pasaran hanya Rp 1.000. per gulungnya.

Sebagian besar panekuk gulung bisa ditemukan di Jawa. Saat hajatan seperti pengajian diadakan di Jawa, selalu ada panekuk linting untuk melayani para tamu undangan.

Kue dadar gulung sangat mudah ditemukan di pasar tradisional dan modern. Tekstur adonannya digoreng hingga empuk dan ditambah untaian kelapa manis, menciptakan cita rasa yang sesuai dengan cita rasa pecinta kue jajanan pasar.

4. Jeje Bendu

Jajanan ini merupakan jajanan atau kue khas Bali yang menjadi ciri khas Kabupaten Jembrana – Bali. Bentuknya lonjong dan dibungkus daun pisang yang bentuknya mirip pepes. Saat dibuka, Bendu merupakan kue berkulit putih yang diisi dengan gula, mirip dengan panekuk gulung, namun renyah, kenyal, dan tipis.

Kulitnya terbuat dari tepung ketan, isinya campuran gula merah, kelapa kering, dan garam. Ini enak-nyata dan pasti membuat ketagihan. Meski khas Jembrana, Bendu kini bisa ditemukan di berbagai pasar di Bali, khususnya Denpasar dan Badung. Jajanan ini juga sering disajikan pada upacara adat, hajatan, dan acara resmi pemerintah daerah.

5. Kue Kipo

Kue kipo merupakan salah satu jajanan pasar Yogyakarta. Terbuat dari adonan tepung ketan dengan warna pandan dan diisi dengan untaian kelapa.Kemudian dipanggang di atas api sedang, yang sebelumnya ditutup dengan daun pisang, untuk menambah aroma kue kipo.

Resep Unti Kelapa

Bahan – bahan :

  • 500 gr kelapa parut
  • 3 lembar daun pandan
  • 3 keping gula merah
  • 4 sdm gula pasir
  • 500 ml air

Cara Membuat Resep Unti Kelapa :

  1. Rebus gula merah,gula pasir,dan daun pandan.
  2. Masukkan kelapa parut yang sudah diparut dengan mesin parut kelapa,kemudian masak dengan api sedang.
  3. Aduk agar tidak mudah gosong,tunggu hingga airnya meresap.
  4. Jika sudah,unti kelapa siap dijadikan isian makanan.

Demikian artikel tentang resep unti kelapa,semoga bermanfaat dan selemat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *