rumah duka yayasan sejahtera bakti bandung

Rumah Duka Yayasan Sejahtera Bakti di Bandung

Rumah duka yayasan sejahtera bakti yang beralamat di Jalan Industri No.21, Bandung ini memang banyak diminati oleh masyarakat. Terutama untuk para keluarga yang ingin memberikan penghormatan terakhir kepada jenazah keluarga yang meninggal agar bisa tenang kembali kepada yang Maha Kuasa.

Kematian bisa datang kapan saja tanpa bisa ditebak oleh siapapun kapan datangnya. Tidak ada satu orang manusia pun yang mampu memprediksi kedatangan kematian sehingga tidak ada pula yang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk mempersiapkan semua hal berhubungan dengan kematian. Jadi, hanya kepada manusia yang masih hidup sajalah semua proses pemakaman untuk manusia yang sudah meninggal bisa dipercayakan.

Sebagai seorang manusia yang beragama, sudah sepatutnya kita mengurus segala keperluan jenazah. Apabila tidak memiliki cukup banyak waktu atau tenaga yang mencukupi maka jasa rumah duka bisa dimanfaatkan untuk melayani semua keperluan jenazah. Tempat persemayaman sementara atau rumah duka memang dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mengatur semua proses pemakanan orang yang sudah meninggal dunia.

Rumah duka ini akan memberikan layanan-layanan dan fasilitas khusus kepada para keluarga yang menggunakan jasa mulai dari memandikan jenazah, mengurus jenazah hingga pemakaman di liang lahat. Keberadaan rumah duka ini memang sangat membantu masyarakat yang terlalu merasa sedih karena ditinggalkan oleh almarhum sehingga tidak memiliki cukup tenaga untuk mengurus segala kebutuhan jenazah seorang diri. Ada cukup banyak rumah duka yang tersedia di Bandung. Salah satunya adalah tempat persemayaman dari Yayasan Bakti Sejahtera.

Berbedaan Pengurusan Jenazah Muslim dengan Non muslim (kristen, Thionghoa, budha,dll)

Rumah duka yayasan sejahtera bakti sangat dibutuhkan oleh warga Bandung, khususnya yang beragama non muslim. Karena biasanya umat muslim tidak memerlukan jasa rumah duka untuk pengurusan jenazah. Alasannya tentu saja karena dalam agama Islam, semua proses pengurusan jenazah masuk dalam kategori sederhana.

Dimana orang Muslim biasanya akan mengurus keperluan jenazah sendiri atau dengan bergotong-royong bersama dengan tetangga dan pengurus masjid. Semua proses pengurusan jenazah hingga pemakaman dilakukan sesegera mungkin dalam waktu satu hari. Karena umat muslim berpendapat bahwa orang yang meninggal harus segera dikebumikan agar jasadnya tenang di alam kubur.

Akan tetapi, hal ini berbeda untuk warga Tionghoa. Karena mereka memiliki tradisi dan proses pemakaman yang terbilang panjang dan cukup rumit. Apalagi untuk orang Tionghoa yang menganut agamar Budha atau Konghucu. Dimana mengunakan layanan jasa rumah duka di Bandung adalah salah satu pilihan yang paling tepat.

Hal tersebut dikarenakan mengurus jenazah hanya dengan mengandalkan diri sendiri dan keluarga sangatlah sulit mengingat banyaknya rentetan ritual dan tradisi yang harus dijalani. Semua  rangkaian prosesi pengurusan jenazah dimulai dengan membeli peti mati, kemudian memandikan jenazah, lalu mendandani atau merias jenazah, mengawetkan jenazah, memasukkan jenazah ke dalam peti mati, mengikuti tradisi agama yang berlaku dan menunggui jenazah selama beberapa hari hingga proses pemakaman misalnya di Peak estate Sandiegohills. Segala proses ini akan bertambah rumit jika pihak keluarga menginginkan jenazah untuk dikremasi.

Menyiapkan diri untuk kehilangan anggota keluarga yang sangat disayangi saja tidak mampu, apalagi harus mengurusi segala kebutuhan jenazah. Tentunya pihak keluarga tidak akan memiliki tenaga yang cukup untuk mengatasi hal tersebut. Oleh karena itulah sangat dibutuhkan rumah duka agar pihak keluarga memiliki setidaknya waktu untuk beristirahat. Karena kru dari rumah duka lah yang akan mengurusi jenazah sekaligus menunggunya dengan aman. Melihat hal tersebut, maka wajar saja jika rumah duka yayasan sejahtera bakti banyak dipesan saat ada keluarga yang kehilangan anggota keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *