Sensor Tekanan Cair

Sensor tekanan cair adalah salah satu sensor tekanan yang paling lazim digunakan di dalam praktek industri. Ini secara luas digunakan di seluruh tipe lingkungan pemeriksaan otomatis industri dan melibatkan banyak industri, misalnya, pipa minyak bumi, pemeliharaan air dan tenaga air, transportasi kereta api, bangunan cerdas, otomatisasi produksi, aerospace, industri militer, petrokimia, sumur minyak, tenaga listrik, kapal, alat mesin, mesin hidrolik, dll.

Sensor tekanan cair terbuat dari cangkang stainless steel, yang menyegel sensor tekanan piezoresistif silikon yang terisolasi. Ini bisa mengkonversi cairan atau tekanan gas yang dirasakan ke tanda keluaran listrik standar. Sensor tekanan cair banyak digunakan di dalam pengukuran Fill Rite Flow Meter lapangan dan pemeriksaan pasokan air / drainase, termal, minyak bumi, kimia, metalurgi dan proses industri lainnya.

Prinsip sensor tekanan cair adalah bahwa tekanan pada diafragma sensor menghasilkan pindahan mikro diafragma yang sepadan dengan tekanan medium, yang merubah ketahanan sensor;

perubahan bisa dideteksi oleh sirkuit elektronik, dan jadi output sebagai tanda standar yang sesuai dengan tekanan. Ketika medium cair mengalir lewat sensor terintegrasi, tekanan fluida bekerja pada baja anti-karat dari sensor. Minyak silikon tersegel mentransmisikan tekanan ke diafragma silikon difusi, selagi tekanan referensi bekerja pada sisi lain diafragma.

Perbedaan tekanan di ke dua sisi menghasilkan stres, sehingga satu sisi diafragma ditekan dan sisi lainnya ditarik; satu strain gauge terdapat di zona kompresi, dan yang lainnya terdapat di zona peregangan. Kedua alat pengukur selanjutnya terhubung untuk membentuk jembatan listrik dinamis untuk memperkuat tanda output.

Jembatan ini di dukung oleh sumber arus konstan untuk kurangi dampak suhu lingkungan. Ketika tekanan berubah, resistensi dari lengan jembatan beralih sesuai yang membuat perubahan tegangan output. Setelah diperkuat oleh amplifier, tegangan diubah jadi tanda arus yang sesuai. Dikompensasi oleh loop koreksi nonlinear, output sensor tanda output standar DC 4 ~ 20 mA yang merawat jalinan linier dengan tekanan input.