ketahanan pangan di tengah pandemi

Tips Menjaga Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi melalui Peternakan

Dalam situasi sebuah Pandemi saat ini banyak orang yang mengeluhkan perekonomian mereka terganggu.

Banyak juga orang yang di berhentikan pekerjaan karena Pandemi ini bahkan banyak juga perusahaan yang gulung tikar.

Namun tidak perlu khawatir saat situasi seperti ini di kalian bisa   menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi melalui peternakan.

A. Membuka Usaha Peternakan Sapi

Usaha peternakan sapi memang mungkin tidak terlalu banyak diminati oleh hampir sebagian orang.

Hal ini karena sebagian dari mereka terkadang memikirkan bahwa sapi-sapi tersebut hanya laku dijual saat masa lebaran Idul Adha saja.

Padahal dengan kalian membuka sebuah usaha peternakan sapi bisa sangat menguntungkan.

Terlebih lagi jika sapi tersebut bisa dimanfaatkan mulai dari peternakannya dan perahan susu sapi. Maka dari itu cara ini akan sangat menguntungkan bagi kalian terlebih lagi di masa pandemi saat ini.

Jadi, tidak ada salahnya jika kalian membangun sebuah dunia bisnis ini dari awal agar mendapatkan sebuah keuntungan yang berlimpah.

B. Manfaat Usaha Peternakan Sapi

Dalam menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi melalui peternakan tentunya hal ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mempersiapkan sebuah usaha peternakan sapi.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kalian membuka sebuah usaha ini. Mulai dari segi tempat peternakan, perahan susu sapi, hingga sapinya pun bisa dimanfaatkan dengan baik.

Maka dari itu sebuah usaha peternakan sapi merupakan sebuah tempat yang sangat menjanjikan dan juga dapat menguntungkan bagi para pemilik usaha tersebut.

Hampir sebagian orang sudah mulai merambah usaha ini dan mendapatkan sebuah keuntungan yang lumayan cukup besar bila dibandingkan harus bekerja kantoran.

C. Memilih Sapi Pilihan bukan Sapi Sembarangan

Pada poin ini kalian juga harus memperhatikan sebuah sapi yang akan di ternak nantinya.

Tentu saja dalam pemilihan sapi-sapi tersebut haruslah sapi yang berkualitas tinggi. Salah satunya yaitu mulai dari dagingnya hingga susu yang dapat di perah.

Nantinya susu hasil perahan tersebut dapat kalian jual terpisah. Tentu saja hal ini akan sangat memberikan sebuah keuntungan yang berlimpah bagi para pelaku usaha peternakan sapi.

Maka dari itu banyak orang yang ingin mencoba untuk memulai usaha peternakan sapi. Usaha ini juga sebuah hal cocok untuk dilakukan pada masa pandemi saat ini di mana banyak orang yang diberhentikan dari pekerjaannya.

D. Menentukan Lokasi Strategis untuk Peternakan Sapi

Ketika kalian ingin mencoba membuka usaha sebuah peternakan sapi. Usahakan kalau peternakan tersebut bertempat yang strategis.

Hal ini dimaksudkan agar peternakan tersebut mudah terjangkau oleh pasar sehingga tidak membutuhkan biaya yang cukup lumayan banyak hanya untuk akomodasi saja.

Oleh karena itu kalian juga dapat menentukan sebuah lokasi tersebut terlebih dulu. Agar nantinya dapat terhitung berapa jarak tempuh yang harus dilalui untuk menuju ke sebuah tempat peternakan yang akan kalian buka tersebut.

Jadi, tempat ini juga bisa sekaligus dapat menjadi sebuah menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi melalui peternakan.

E. Menentukan Penjual untuk Menjual Sapi dari Peternakan

Bukan hanya untuk menjual sapi peternakan saja tetapi juga beberapa hasil dari peternakan yang harus kalian targetkan mulai dari awal.

Hal ini karena jika sapi sudah mulai diternak maka hasilnya pun sangat cepat terlihat dan harus segera dicari tempat pelemparan dari hasil peternakan tersebut.

Oleh karena itu kalian juga butuh yang namanya sebuah proses pendekatan ke beberapa pasar untuk mengetahui harga pasaran yang akan para peternak jual nantinya. Hal ini karena kalian akan bersaing dengan para pengusaha lainnya yang menjalankan usaha yang sama.

F. Menanam Semua Tanaman Hijau untuk Pakan Sapi Peternakan

Jika kalian tidak ingin mengeluarkan sedikit pun biaya dalam membangun sebuah usaha peternakan. Maka para peternak juga harus untuk mempersiapkan sebuah perkebunan khusus untuk pakan para ternak sapi.

Hal ini tentunya untuk mengurangi sebuah biaya yang harus kalian keluarkan untuk membangun sebuah bisnis atau usaha peternakan ini.

Agar bisa mendapatkan sebuah keuntungan yang berlimpah dan tentunya juga dapat menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi melalui peternakan sapi yang sedang kalian rintis dari nol.

G. Menjadikan Peternakan Sapi sebagai Tempat Wisata

Banyak para peternak yang jarang menggunakan hal ini untuk menjadikan sebuah tempat peternakan menjadi sebuah tempat rekreasi.

Tentunya hal ini akan menjadikan sebuah keuntungan tersendiri bagi para peternak sapi. Maka dari itu kalian sebagai peternak harus pintar dalam mendesain sebuah peternakan menjadi seindah mungkin.

Agar tempat peternakan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai sebuah tempat wisata dan juga ketahanan pangan di tengah pandemi melalui peternakan. Kalian¬† Ingin wisata urban farming di kota Bekasi kunjung peternakan sapi “AOFAFARM” di Bekasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *