Tips Supaya Cepat Hafal Materi Pelajaran

Menghafalkan materi pelajaran tidaklah mudah bagi sebagian orang meski terasa mudah bagi sebagian yang lain. Hal ini disebabkan salah satunya oleh cara menghafal orang yang berbeda-beda. Ada yang menghafalkan materi di tempat sepi. Ada yang mencoba menghafalkan di tempat ramai.

Nah, sebenarnya, bagaimana cara menghafal cepat yang oke dan bisa dilakukan oleh siapa saja? Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba untuk dilakukan. Cara-cara berikut ini sangatlah sederhana dan bisa dilakukan dengan mudah. Penasaran bagaimana caranya? Simak saja tulisan yang satu ini. Selamat membaca.

Ulangi Terus

Langkah pertama yang bisa dicoba adalah dengan mengulang-ulang informasi yang ingin dihafalkan. Misalkan kamu sedang ingin menghafalkan butir-butir pengamalan pancasila, cobalah terus ulangi dengan mambacanya terus menerus bekali-kali sampai kamu hafal betul setiap butir tersebut.

Usahakan untuk tidak melakukannya dalam satu waktu supaya lebih banyak informasi yang bisa kamu hafalkan. Kalau perlu, buatlah jadwal untuk menghafalkan misalnya satu jam dalam sehari dalam waktu dua bulan.

Tuliskan

Cara berikutnya adalah dengan menuliskan informasi yang ingin kamu hafalkan. Cobalah menulis sembari menghafalkan. Misalkan kamu sedang menghafalkan nama-nama ibukota provinsi Indonesia. Coba tulis nama ibukota beserta nama provinsinya.

Visualisasikan

Dalam beberapa kasus, menghafal lebih mudah jika menggunakan bantuan visual. Misalnya kamu sedang menghafalkan nama provinsi beserta ibukotanya, cobalah untuk menggunakan bantuan foto gedung atau bangunan penting yang ada di provinsi tersebut. Contohnya, candi borobudur di jawa tengah, gedung sate di jawa barat, monas di DKI Jakarta, dan seterusnya.

Menjauhlah dari Gangguan

Saat menghafalkan, ada baiknya kamu memfokuskan pikiranmu terhadap informasi yang hendak kamu hafalkan. Supaya lebih mudah fokus, kamu bisa mencoba melakukannya di tempat sepi. Kenapa tempat sepi? Tujuannya adalah supaya kamu bisa menjauh dari sumber gangguan seperti suara kendaraan, suara dering telefon, suara bayi menangis, dan aneka macam gangguan lainnya.

Demikianlah Tips menghafal materi pelajaran yang bisa kamu coba untuk lakukan. Semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba. Terima kasih!