Toko Apar

Alat Pemadam Api Enteng (APAR) atau dikenali bernama fire extinguisher sebagai alat yang berperan sebagai pemadam api atau untuk mengatur kebakaran kecil yang terjadi. APAR biasa diketemukan di toko APAR dan seperti tabung oksigen yang berisi bahan pemadam bertekanan tinggi. Sebagai alat Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR harus berada di gedung perkantoran atau di dalam rumah. Hingga, bila kemungkinan terjadi kebakaran kecil yang bisa memberikan ancaman keselamatan penghuni ruang, karena itu APAR dapat dipakai sebagai bantuan pertama.

Beberapa jenis APAR

APAR yang umum dipasarkan di toko APAR karawang ada banyak macamnya dan dapat diputuskan sesuai tipe kebakaran yang terjadi. Berdasar bahan pemadam apinya, APAR yang dipasarkan di toko APAR bisa dikelompokkan jadi 4 tipe, yakni:

1. APAR Air/Water

APAR tipe ini diisi sama air bertekanan tinggi dan umumnya dipasarkan pada harga yang paling ekonomis diperbandingkan tipe yang lain. APAR air dapat pas dipakai untuk mematikan api karena beberapa bahan padat non-logam, seperti karet, kain, kertas, plastik, dan lain-lain.

2. APAR Karbon Dioksida/CO2

Sesuai namanya, APAR tipe ini memakai bahan Karbon Dioksida atau CO2 sebagai bahan untuk mematikan kebakaran. APAR pas dipakai untuk kebakaran kelas B, yakni karena bahan cair yang gampang terbakar dan tipe kebakaran kelas C karena instalasi listrik.

3. APAR Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder

APAR tipe yang ini pula dibuat berbahan kimia, tetapi memiliki bentuk ialah serbuk kimia. Didalamnya berbentuk gabungan dari mono-amonium dan ammonium sulphate. APAR serbuk kering kimia ini pas dipakai untuk mematikan api karena kebakaran kelas A, B, dan C.

4. APAR Busa/Foam (AFFF)

APAR tipe busa berisi bahan kimia yang membuat busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam). Busa akan menyemburkan keluar dan tutupi bahan yang terbakar, hingga oksigen tidak bisa masuk dan hentikan proses pembakaran. APAR tipe ini pula pas untuk mematikan api karena bahan non-logam, dan bahan cair yang gampang terbakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *